Gereja Depok Hangus Terbakar, Kemenag Turun Tangan Bantu Rehabilitasi Gereja
Sumber: kemenag.go.id

News / 15 August 2024

Kalangan Sendiri

Gereja Depok Hangus Terbakar, Kemenag Turun Tangan Bantu Rehabilitasi Gereja

Claudia Jessica Official Writer
768

Kebakaran yang menimpa Gereja Sidang Tuhan (GST) Agape Ministry di Cisalak, Depok, pada 23 Juli 2024, menjadi pukulan bagi para jemaat. Selain menimbulkan kerugian materi yang signifikan, insiden ini juga membawa dampak psikologis.

Namun, di tengah pergumulan tersebut, Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag), turun tangan memberikan bantuan untuk merehabilitasi gereja dengan dukungan moril dan material untuk membantu gereja dan jemaatnya bangkit.

Kemenag Beri Bantuan untuk Rehabilitasi Gereja Terbakar 

Pada Selasa, 13 Agustus 2024, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, melalui Dirjen Bimas Kristen yang diwakili oleh Direktur Urusan Agama Amsal Yowei, menyerahkan secara simbolis bantuan rehabilitasi gereja sebesar Rp300 juta.

 

BACA JUGA: Gereja Sidang Tuhan Jemaat Agape Ministry Kebakaran, Petugas Damkar Depok Sandi Minta Maaf

 

Bantuan ini diterima dengan penuh syukur oleh pimpinan Gereja Agape Ministry dan sejumlah pengurus serta jemaat yang hadir. Hadir pula dalam acara tersebut, Kasubdit Kelembagaan Marvel Kawatu, Pembimas Kristen Provinsi Jawa Barat Harapan Nainggolan, serta Penyelenggara Kota Depok Kanton Gultom.

Amsal Yowei menyampaikan pesan dari Kemenag, "Kami turut merasakan apa yang dialami di tempat ini. Melalui bantuan yang kami berikan, kami berharap proses pemulihan gereja dapat berjalan lancar sehingga jemaat dapat kembali beribadah dengan nyaman."

Ucapan Terima Kasih dari Jemaat Gereja Terbakar

Pendeta Anthus Rumapea, Gembala Jemaat Gereja Agape Ministry, menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas kepedulian dan bantuan dari Kemenag.

"Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Kami berharap ke depannya, hubungan baik antara pemerintah dan umat beragama dapat terus terjalin," ucapnya dengan penuh haru.

Kemenag tidak hanya memberikan bantuan secara material, tetapi juga dukungan moril bagi jemaat untuk tetap tabah dan semangat dalam menghadapi cobaan ini.

 

BACA JUGA: Kemenag Bengkulu Ajak Penyuluh Agama Kristen untuk Mencegah Konflik

 

Gereja Agape Ministry Kebakaran

Gereja Sidang Tuhan (GST) Agape Ministry di Cisalak, Depok, sebelumnya mengalami kebakaran pada Selasa 23/07/2024.

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu selama 2 jam untuk menghentikan kobaran api. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kasus ini.

Kehadiran Kemenag dalam masa sulit jemaat Gereja Agape ministry menunjukkan komitmen pemerintah dalam melindungi seluruh warga negara dan menjaga kerukukan antarumat beragama.

 

Sumber : Kemenag.go.id
Halaman :
1

Ikuti Kami